Modul Ajar Deep Learning Biologi Kelas X Materi Virus

 

modul ajar deep learning biologi

Materi Virus

    

    

    


 


MODUL AJAR

IDENTITAS DAN INFORMASI UMUM

Penyusun

:

Kurnia Romadani, S.Pd.

Instansi

:

SMAN 1 Mojotengah

Mata Pelajaran

:

Biologi

Fase/ Kelas

:

E / X

Domain/ Elemen

:

Pemahaman Biologi :

Mencakup materi keanekaragaman hayati dan peranannya, virus dan peranannya, perubahan lingkungan, ekosistem, bioteknologi, biologi sel, sistem organ pada manusia, evolusi, genetika, pertumbuhan dan perkembangan, serta inovasi teknologi biologi.

Keterampilan Proses :

Keterampilan saintifik yang mencakup (1) mengamati, (2) mempertanyakan dan memprediksi, (3) merencanakan dan melakukan penyelidikan, (4) memproses dan menganalisis data dan informasi, (5) mengevaluasi dan merefleksi dan (6) mengomunikasikan hasil

Capaian Pembelajaran

:

Pada akhir fase E, peserta didik memiliki kemampuan menciptakan solusi atas permasalahan-permasalahan berdasarkan isu lokal, nasional atau global terkait pemahaman keanekaragaman makhluk hidup dan peranannya, virus dan peranannya, inovasi teknologi biologi, komponen ekosistem dan interaksi antar komponen serta perubahan lingkungan.

Pengetahuan dan Keterampilan Prasyarat

:

Peserta didik telah mempelajari keanekaragaman makhluk hidup dan peranannya.

Alokasi Waktu

:

6 JP ( 6 X 45”)

Dimensi Profil Lulusan

:

Berdasarkan tujuan pembelajaran, dimensi profil lulusan yang akan dicapai meliputi:

1.    Keimanan dan Ketakwaan terhadap Tuhan YME: Menyadari keberadaan dan kompleksitas makhluk hidup mikroskopis sebagai ciptaan Tuhan.

2.    Penalaran Kritis: Menganalisis struktur dan peran virus, serta mengidentifikasi penyebab dan cara pencegahan penyakit.

3.    Kreativitas: Merancang media informasi untuk menjelaskan penyakit yang disebabkan oleh virus.

4.    Kolaborasi: Bekerja sama dalam kelompok untuk menyelesaikan proyek.

5.    Kemandirian: Mencari informasi secara mandiri dan bertanggung jawab dalam menjaga kesehatan diri.

6.    Komunikasi: Menyampaikan informasi dan argumen ilmiah tentang penyakit akibat infeksi virus.

 

Target Peserta Didik

:

·         Regular/ Tipikal

Moda Pembelajaran

:

·         Tatap Muka

Model Pembelajaran yang Digunakan

:

Discovery learniang (Pertemuan ke 1)

Problem Based Learning (Pertemuan ke 2)

Metode Pembelajaran

:

Diskusi Interaktif (Pertemuan 1-2)

Ceramah (Pertemuan 1-2)

Presentasi (Pertemuan 2)

Studi Literatur (Pertemuan 1-2)

Gallery Walk ( Pertemuan 2)

Kemitraan Pembelajaran

:

     Lingkungan Sekolah:

     Guru Mata Pelajaran Lain: Berkolaborasi dengan guru Kimia (struktur biomolekul virus), guru PJOK (kesehatan dan kebersihan).

     Petugas UKS: Menguatkan pentingnya menjaga kebersihan dan kesehatan.

 

     Lingkungan Luar Sekolah:

     Puskesmas/Rumah Sakit (jika memungkinkan): Mengundang narasumber tenaga kesehatan untuk berbagi informasi tentang penyakit yang disebabkan mikroorganisme dan pencegahannya.

     Masyarakat:

     Orang Tua/Wali: Menginformasikan tentang materi yang dipelajari dan mendorong diskusi tentang kesehatan dan kebersihan di rumah.

 

Lingkungan Belajar

:

     Ruang Fisik: Kelas yang fleksibel untuk diskusi kelompok dan untuk "gallery walk" hasil proyek. Kelas ditata agar mendukung kolaborasi dan eksplorasi.

     Ruang Virtual:

     Sumber Belajar Online: Situs web ilmiah (misal: WHO, CDC, jurnal ilmiah), video edukasi (YouTube channels).

     Budaya Belajar (Mendukung Pembelajaran Mendalam):

     Budaya Ilmiah: Mendorong peserta didik untuk berpikir logis, kritis, dan berdasarkan bukti.

     Budaya Eksplorasi: Membangun rasa ingin tahu dan mendorong peserta didik untuk menyelidiki fenomena mikroskopis.

     Budaya Kolaborasi: Mengutamakan kerja sama, saling menghargai pendapat, dan belajar dari pengalaman teman.

     Budaya Refleksi: Mendorong peserta didik untuk merefleksikan pemahaman mereka tentang mikroorganisme dan hubungannya dengan kehidupan sehari-hari.

     Budaya Inovasi: Mendorong peserta didik untuk berpikir kreatif dalam menyampaikan informasi atau mencari solusi.

Sarana dan Prasarana

:

LCD, Proyektor, Papan Tulis, Laptop, Gawai, LKPD, dan Peralatan Gallery Walk.

Daftar Pustaka

:

Irnaningtyas. 2015. Biologi untuk SMA/MA Kelas XII Kelompok Peminatan Matematika dan Ilmu Alam. Jakarta : Erlangga.

Referensi Lain

:

Mengakses website tentang virus, PowerPoint tentang virus.

 

GAMBARAN UMUM MODUL

IDENTIFIKASI KESIAPAN PESERTA DIDIK

     Pengetahuan Awal: Peserta didik umumnya memiliki pengetahuan dasar tentang virus dari pengalaman sehari-hari (misal: penyakit flu disebabkan virus, dan pandemic Covid-19 yang melanda Indonesia pada tahun 2019). Namun, pemahaman mendalam mengenai ukuran, bentuk, struktur, cara hidup, reproduksi, klasifikasi, dan dampaknya bagi kehidupan mungkin masih terbatas atau belum terstruktur secara ilmiah. Beberapa mungkin sudah familiar dengan istilah "pandemi" atau "wabah".

     Minat: Peserta didik cenderung tertarik pada topik yang relevan dengan kesehatan, penyakit, atau fenomena alam yang dapat diamati langsung. Isu-isu seperti pandemi COVID-19 atau penggunaan vaksin dapat memicu minat mereka.

     Latar Belakang: Peserta didik berasal dari berbagai latar belakang, beberapa mungkin memiliki pengalaman pribadi terkait infeksi virus atau anggota keluarga yang bekerja di bidang kesehatan. Ada kemungkinan perbedaan tingkat akses terhadap informasi biologi di luar sekolah.

 

 

     Kebutuhan Belajar:

     Peserta didik visual akan membutuhkan media pembelajaran yang kaya gambar, dan video tentang virus.

     Peserta didik auditori akan diuntungkan dengan penjelasan guru yang interaktif, diskusi kelompok, dan mendengarkan presentasi.

     Peserta didik kinestetik akan membutuhkan aktivitas menggambar berbagai bentuk virus dan membuat rangkuman mengenai materi virus.

     Beberapa peserta didik mungkin membutuhkan bimbingan lebih dalam memahami cara hidup dan reproduksi virus, sementara yang lain dapat diberikan tantangan lebih lanjut untuk menganalisis kasus penyakit terkait dengan virus.

 

KARAKTERISTIK MATERI PEMBELAJARAN

     Jenis Pengetahuan: Materi ini mencakup pengetahuan faktual (ciri-ciri, contoh spesies), pengetahuan konseptual (klasifikasi, struktur, reproduksi, peran virus), pengetahuan prosedural (langkah-langkah identifikasi, pencegahan penyakit), dan pengetahuan metakognitif (merefleksikan pentingnya biosafety dan biosekuriti).

     Relevansi dengan Kehidupan Nyata: Materi ini sangat relevan. Virus adalah bagian dari kehidupan di Bumi, memengaruhi kesehatan manusia (penyakit, obat-obatan), dan pertanian (bioinsektisida). Pemahaman ini penting untuk pengambilan keputusan sehari-hari terkait kesehatan dan lingkungan.

     Tingkat Kesulitan: Tingkat kesulitan materi ini bervariasi. Konsep dasar ciri-ciri dan klasifikasi cukup mudah, namun detail struktur internal, mekanisme reproduksi, memerlukan pemahaman yang lebih mendalam dan abstraksi. Banyak konsep yang bersifat mikroskopis dan tidak dapat diamati langsung, sehingga memerlukan visualisasi yang baik.

     Struktur Materi: Materi dapat distrukturkan berdasarkan kelompok mikroorganisme Virus dengan membahas ciri umum, struktur, reproduksi, klasifikasi, peran positif, dan peran negatif (penyakit/kerugian).

     Integrasi Nilai dan Karakter:

     Keimanan dan Ketakwaan: Menyadari kebesaran Tuhan dalam menciptakan keberagaman makhluk hidup mikroskopis yang kompleks.

     Penalaran Kritis: Menganalisis informasi tentang penyakit menular, membedakan fakta dari hoaks, dan membuat keputusan berdasarkan bukti ilmiah.

     Rasa Ingin Tahu: Mendorong eksplorasi dunia mikroorganisme yang tidak terlihat.

 

LINTAS DISIPLIN ILMU

     Kimia: Memahami struktur kimia molekul virus.

     Fisika: Memahami prinsip kerja mikroskop, teknik sterilisasi.

     Pendidikan Jasmani dan Kesehatan: Menerapkan pengetahuan tentang penyebaran penyakit dan kebersihan diri.

     Teknologi Informasi dan Komunikasi: Menggunakan aplikasi power point untuk membuat presentasi, serta mencari informasi di internet.

     Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS): Memahami dampak sosial dan ekonomi dari wabah penyakit yang disebabkan oleh virus.

 

RENCANA ASESMEN

Asesmen Formatif                                   : Hasil karya siswa yang dipajang pada gallery walk

Asesmen Sumatif                                    : Mengerjakan soal

Asesmen Sikap Profil Pelajar Pancasila : Observasi

 

LANGKAH PEMBELAJARAN

LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN

TOPIK PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL

     Ciri-ciri tubuh virus.

     Cara hidup dan reproduksi virus.

     Klasifikasi virus.

     Peranan virus dalam kehidupan.

     Penegahan dan pengobatan infeksi virus.

TUJUAN PEMBELAJARAN

1. Melalui studi literatur, peserta didik dapat menjelaskan ciri-ciri umum dan struktur tubuh virus dengan tepat (minimal 3 ciri dan 3 bagian struktur).

2. Melalui studi literatur, peserta didik dapat mengidentifikasi siklus hidup virus (litik dan lisogenik) dengan benar (minimal 2 tahapan utama).

3. Setelah melakukan studi literatur, peserta didik dapat menjelaskan peranan virus dalam kehidupan berdasarkan pengalamannya dan kajian teori.

4. Setelah melakukan diskusi kelompok, peserta didik dapat menganalisis penyakit akibat infeksi virus dan pencegahannya.

 

URUTAN KEGIATAN PEMBELAJARAN

PERTEMUAN 1

 

Kegiatan Pendahuluan (15 menit)

     Pembukaan dan Pengkondisian Kelas: Guru menyapa peserta didik, meminta perwakilan peserta didik untuk memimpin doa, memeriksa kehadiran, dan memastikan kesiapan belajar.

     Ice Breaking (Joyful Learning): Guru menampilkan video gerakan ice breaking agar diikuti oleh semua peserta didik.

     Apersepsi (Mindful Learning): Mengaitkan dengan pengalaman sehari-hari. "Kalian pernah sakit flu? Nah, penyebabnya adalah makhluk yang sangat kecil, tidak terlihat oleh mata telanjang, yaitu virus. Hari ini kita akan menyelami dunia virus yang misterius ini."

     Asesmen Diagnostik (Mindful Learning): Guru mengajukan pertanyaan terbuka (lisan): "Apa yang terlintas di benak kalian saat mendengar kata 'virus'? Hasilnya akan digunakan untuk memetakan pemahaman awal.

     Guru membagi kelas menjadi kelompok kecil : Jumlah anggota kelompok yaitu 5 peserta didik yang dikelompokkan dengan cara berhitung.

     Penyampaian Tujuan Pembelajaran: Guru menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.

Kegiatan Inti (100 menit)

     Memahami (Differentiation by Content)

     Guru menampilkan power point tentang pandemic covid-19.

     Diferensiasi Konten:

     Peserta didik yang membutuhkan dukungan lebih akan diberikan ilustrasi atau analogi sederhana dan penjelasan berulang.

     Mengaplikasi (Differentiation by Process):

     Sintaks 1. Simulation:

Guru meminta siswa memperhatikan penjelasan guru mengenai kejadian pandemic covid-19 yang pernah dialami oleh kita semua.

     Sintaks 2. Problem statement

Guru meminta peserta didik melakukan identifikasi berdasarkan kejadian pandemic covid. Guru merumuskan masalah utama : Ciri-ciri tubuh virus, cara hidup virus, reproduksi virus, klasifikasi virus, dan peran virus dalam kehidupan. Guru membimbing peserta didik menyusun hipotesis.

     Sintaks 3. Data Collection

Guru mendorong peserta didik untuk mengumpulkan informasi yang sesuai dari berbagai sumber (buku, video youtube, artikel, poster, dll) untuk menjawab topik permasalahan. (Diferensiasi proses).

     Sintaks 4. Data Processing

Guru memberikan bantuan terbatas, apabila ada peserta didik/ kelompok yang mengalami kesulitan. Guru meminta peserta didik untuk menuliskan hasil diskusi kelompok pada buku catatan masing-masing.

     Merefleksi (Meaningful Learning):

     Sintaks 5. Verification

Guru menunjuk perwakilan kelompokuntuk mempresentasikan hasil diskusi yang telah dilakukan. Kelompok lain diminta untuk menanggapi dan memberikan argument tentang apa yang dipresentasikan.

     Sintaks 6. Generalizatin

Guru memberikan penguatan apabila ada jawaban peserta didik yang kurang sesuai dan bertanya secara lisan untuk mengecek pemahaman peserta didik dan memberikan umpan balik pembelajaran. Guru meminta peserta didik memberikan kesimpulan hasil diskusi.

Kegiatan Penutup (20 menit)

     Umpan Balik Konstruktif: Guru memberikan apresiasi terhadap partisipasi dan pemahaman peserta didik, mengoreksi miskonsepsi jika ada.

     Menyimpulkan Pembelajaran: Bersama peserta didik, guru merangkum ciri-ciri, struktur, cara hidup, reproduksi, dan peran virus yang menguntungkan dan merugikan.

     Perencanaan Pembelajaran Selanjutnya: Guru memberikan pengantar singkat tentang materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya, yaitu berbagai penyakit akibat virus) (Mindful Learning).

 

PERTEMUAN 2

 

Kegiatan Pendahuluan (15 menit)

     Pembukaan dan Pengkondisian Kelas: Guru menyapa peserta didik, meminta perwakilan peserta didik untuk memimpin doa, memeriksa kehadiran, dan memastikan kesiapan belajar.

     Ice Breaking (Joyful Learning): Guru menampilkan video gerakan ice breaking agar diikuti oleh semua peserta didik.

     Apersepsi (Mindful Learning): Mengaitkan dengan pengalaman sehari-hari. "Kalian pernah sakit flu? Atau bahkan pernah terinfeksi covid? Kira-kira bagaimana virus-virus menginfeksi manusia?. Hari ini kita akan menganalisis mengenai berbagai penyakit akibat infeksi virus."

     Asesmen Diagnostik (Mindful Learning): Guru mengajukan pertanyaan terbuka (lisan): Apa saja penyakit yang kalian tahu disebabkan oleh virus?" Hasilnya akan digunakan untuk memetakan pemahaman awal.

     Guru membagi kelas menjadi kelompok kecil : Jumlah anggota kelompok yaitu 5 peserta didik yang dikelompokkan dengan cara berhitung.(kelompok yang sama dengan pertemuan sebelumnya).

     Penyampaian Tujuan Pembelajaran: Guru menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.

Kegiatan Inti (100 menit)

     Memahami (Differentiation by Content)

     Guru menampilkan power point tentang struktur dan ciri-ciri umum virus.

     Guru menjelaskan secara singkat (mereview) karakteristik virus  dan peran virus yang menguntungkan dan merugikan.

     Diferensiasi Konten:

     Peserta didik yang membutuhkan dukungan lebih akan diberikan ilustrasi atau analogi sederhana dan penjelasan berulang.

     Mengaplikasi (Differentiation by Process):

     Sintaks 1. Orientasi Masalah :

Guru menyampaikan alur kegiatan pembelajaran dan sarana atau logistik yang dibutuhkan (laptop, dll). Guru memotivasi peserta didik untuk terlibat dalam aktivitas pemecahan masalah nyata terkait penyakit akibat infeksi virus.

     Sintaks 2. Mengorganisasi Peserta Ddik

Guru membantu peserta didik untuk mendefinisikan dan mengorganisasi penyebab penyakit akibat infeksi virus, dampak penyakit, dan solusi pencegahannya.

     Sintaks 3. Membimbing Penyelidikan Kelompok

Guru mendorong peserta didik untuk mengumpulkan informasi yang sesuai dari berbagai sumber (buku, video youtube, artikel, poster, dll). (Diferensiasi proses).

     Sintaks 4. Mengembangkan dan Menyajikan Hasil Karya

Ø  Setiap kelompok membuat presentasi yang menggambarkan masalah yang mereka teliti, analisis, dan rencana solusi yang mereka ajukan.

Ø  Siswa diberi kebebasan sekreatif mungkin dalam merancang “karya” sebagai hasil pemecahan masalah ke dalam kertas plano.

Ø  Ruang kelas diatur sedemikian rupa dengan menampilkan presentasi dari setiap kelompok pada dinding yang berbeda.

Ø  Dalam setiap kelompok ada pembagian tugas untuk menjaga gallery dan berkeliling ke kelompok lain yang dilakukan secara bergantian.

Ø  Setiap kelompok berjalan secara bergantian untuk melihat hasil diskusi dari kelompok lain.

Ø  Mereka membaca informasi yang disajikan oleh kelompok lain. Setelah membaca informasi, setiap siswa wajib memberi tanggapan dengan menuliskannya di sticky note yang diberi nama dan no absen kemudian ditempelkan pada gallery kelompok yang dikunjungi.

     Merefleksi (Meaningful Learning):

     Sintaks 5. Menganalisis dan Mengevaluasi Pemecahan Masalah

Ø  Guru membantu peserta didik untuk melakukan refleksi atau evaluasi terhadap proses pemecahan masalah yang dilakukan.

Ø  Peserta didik diminta menuliskan 1-2 kalimat refleksi tentang "Hal menarik yang saya pelajari tentang virus hari ini."

Ø  Peserta didik dipersilahkan untuk mengerjakan soal asesmen.

 

Kegiatan Penutup (20 menit)

     Umpan Balik Konstruktif: Guru memberikan apresiasi terhadap partisipasi dan pemahaman peserta didik, mengoreksi miskonsepsi jika ada.

     Menyimpulkan Pembelajaran: Bersama peserta didik, guru merangkum ciri-ciri, struktur, cara hidup, reproduksi, dan peran virus yang menguntungkan dan merugikan, dan hasil analisis mengenai penyakit akibat infeksi virus.

     Perencanaan Pembelajaran Selanjutnya: Guru memberikan pengantar singkat tentang bakteri dan peranannya dalam kehidupan yang dikaitkan dengan bioteknologi pangan dan memberikan tugas untuk membaca atau mencari informasi mengenai proses pembuatan produk pangan berbasis bioteknologi (misal : tape dan tempe) (Mindful Learning).

 

 

 

 

 

REFLEKSI GURU

Apakah pembelajaran dapat berlangsung sesuai rencana?

Apakah peserta didik yang mengalami hambatan, dapat teridentifikasi dan terfasilitasi dengan baik?

REFLEKSI UNTUK PESERTA DIDIK

Apakah peserta didik merasa senang dengan kegiatan pembelajaran hari ini?

Apakah peserta didik memahami materi yang disampaikan oleh guru?

GLOSARIUM

Baik, saya buatkan glosarium materi Virus kelas XI Biologi SMA agar lebih mudah dipahami siswa.


  • Aseluler : Tidak tersusun atas sel; ciri khas virus yang membedakannya dari makhluk hidup lain.
  • Antivirus : Zat atau senyawa yang dapat menghambat atau menghentikan replikasi virus.
  • Bakteriofag (fag) : Virus yang menyerang dan memperbanyak diri di dalam sel bakteri.
  • DNA virus : Virus yang materi genetiknya berupa DNA. Contoh: Adenovirus, Herpesvirus.
  • Endemi : Penyakit yang disebabkan virus dan selalu ada di suatu wilayah tertentu.
  • Epidemi : Wabah penyakit virus yang menyebar luas di suatu daerah dalam waktu singkat.
  • Genom : Keseluruhan materi genetik virus, bisa berupa DNA atau RNA.
  • Heliks : Bentuk kapsid virus berupa spiral memanjang.
  • Inang : Organisme tempat virus hidup dan bereplikasi.
  • Infeksi litik : Siklus hidup virus yang menyebabkan sel inang pecah dan mati setelah menghasilkan banyak virus baru.
  • Infeksi lisogenik : Siklus hidup virus di mana DNA virus menyatu dengan DNA inang tanpa langsung menghancurkan sel.
  • Kapsid : Selubung protein yang melindungi materi genetik virus.
  • Kapsomer : Subunit protein penyusun kapsid.
  • Materi genetik : Informasi genetik yang dimiliki virus, berupa DNA atau RNA.
  • Mutasi virus : Perubahan materi genetik virus yang dapat menghasilkan strain baru.
  • Profag : DNA virus yang menyisip ke dalam kromosom bakteri pada siklus lisogenik.
  • Protein selubung (envelope) : Lapisan tambahan di luar kapsid, tersusun dari lipid dan protein, berasal dari membran sel inang.
  • Replikasi virus : Proses memperbanyak diri virus di dalam sel inang.
  • RNA virus : Virus yang materi genetiknya berupa RNA. Contoh: Influenza, HIV, Corona.
  • Retrovirus : Virus RNA yang menggunakan enzim transkriptase balik untuk membuat DNA dari RNA (contoh: HIV).
  • Satelit virus : Virus kecil yang hanya dapat bereplikasi dengan bantuan virus lain.
  • Strain virus : Variasi atau tipe berbeda dari virus yang sama.
  • Transkriptase balik (reverse transcriptase) : Enzim pada retrovirus untuk membentuk DNA dari cetakan RNA.
  • Temperat virus : Virus yang mampu melakukan siklus litik maupun lisogenik.
  • Vaksin : Zat yang digunakan untuk merangsang kekebalan tubuh terhadap infeksi virus.
  • Virion : Partikel virus lengkap yang berada di luar sel inang.
  • Viroid : Agen infeksi lebih sederhana dari virus, hanya terdiri dari RNA tanpa kapsid (banyak menyerang tumbuhan).

 

 

 

Wonosobo, 19 September 2025

Mengetahui,

 

Kepala Sekolah SMAN 1 Mojotengah

Guru Mata Pelajaran Biologi

 

 

 

 

Muhammad Bisri Arifin


Kurnia Romadani, S.Pd.

 

LAMPIRAN LKPD

LKPD - Lembar Kerja Peserta Didik

Mata Pelajaran : Biologi

Kelas / Semester : X / Ganjil

Materi Pokok : Penyakit Akibat Infeksi Virus

Model Pembelajaran : Problem-Based Learning (PBL)

Alokasi Waktu : 3 x 45 menit


“Mewaspadai Virus di Sekitar Kita”


 Tujuan Pembelajaran

Setelah mengikuti kegiatan ini, peserta didik diharapkan mampu:

1.      Mengidentifikasi berbagai penyakit akibat infeksi virus.

2.      Menganalisis cara penularan virus pada manusia.

3.      Menjelaskan cara pencegahan penyakit yang disebabkan oleh virus.

4.      Menyajikan solusi terhadap masalah penyebaran penyakit virus secara kreatif.

 

Langkah-langkah PBL dalam LKPD

 

 1. Orientasi terhadap Masalah

Masalah:
Di lingkungan sekitar kita, banyak orang yang tertular penyakit seperti flu, hepatitis, campak, atau bahkan COVID-19. Virus sebagai penyebab utama seringkali menyebar dengan cepat dan sulit dikendalikan. Bagaimana cara kita mengenali, mencegah, dan mengatasi penyebaran virus ini?

Pertanyaan Pemantik:

·         Apa saja penyakit yang disebabkan oleh virus di sekitar kita?

·         Bagaimana cara virus menular antar manusia?

·         Apa yang bisa kita lakukan untuk mencegah penularan virus?

 

2. Mengorganisasi Belajar

Tugas:
Secara berkelompok (5 orang), lakukan observasi atau studi pustaka dari buku, internet, atau narasumber terpercaya mengenai:

·         Contoh penyakit akibat virus

·         Mekanisme penularannya

·         Upaya pencegahannya

 

Petunjuk:

·         Gunakan tabel berikut untuk mencatat hasil pengamatan atau pencarian informasi kalian.

No

Nama Penyakit

Penyebab (Virus)

Cara Penularan

Pencegahan

1

2

3

4

 

 

 

 

5

 

 

 

 

6

 

 

 

 

7

 

 

 

 

 

3. Menyelidiki Masalah

Instruksi:

·         Pilih 1 penyakit dari tabel di atas untuk diteliti lebih lanjut.

·         Buatlah mind map atau infografis tentang virus penyebab penyakit tersebut.

·         Sertakan informasi mengenai:

o    Nama virus

o    Ciri-ciri virus

o    Gejala penyakit

o    Cara penularan

o    Cara pencegahan

 

 4. Mengembangkan dan Menyajikan Hasil Karya

Tugas:

·         Presentasikan hasil diskusi dan infografis di depan kelas/ Walk Gallery.

·         Berikan solusi atau edukasi pencegahan kepada teman-teman kelompok lain.

 

5. Menganalisis dan Mengevaluasi Proses Pemecahan Masalah


Jawablah pertanyaan berikut secara jujur dan mendalam.

1.      Apa yang kamu pelajari dari kegiatan ini?

2.      Bagaimana peranmu dalam kelompok?

3.      Apa hal yang paling menarik dalam mempelajari penyakit akibat virus?

4.      Apa tindakan nyata yang bisa kamu lakukan setelah mempelajari materi ini?

 

A. Penilaian Produk (Infografis/Mind Map)

Aspek

Skor 4

Skor 3

Skor 2

Skor 1

Kelengkapan Isi

Informasi sangat lengkap dan akurat

Informasi lengkap namun kurang detail

Ada informasi yang kurang tepat

Banyak informasi tidak relevan

Kreativitas

Desain sangat menarik dan komunikatif

Desain menarik

Desain cukup baik

Desain kurang menarik

Kerapian

Sangat rapi dan mudah dibaca

Rapi

Cukup rapi

Tidak rapi

B. Penilaian Proses (Kerja Kelompok)

Aspek

Skor 4

Skor 3

Skor 2

Skor 1

Kerja Sama

Sangat aktif dan kooperatif

Cukup aktif

Kurang aktif

Tidak berpartisipasi

Tanggung Jawab

Selalu menyelesaikan tugas tepat waktu

Sering menyelesaikan tugas

Kadang menyelesaikan tugas

Tidak menyelesaikan tugas

C. Refleksi Individu

Aspek

Skor 4

Skor 3

Skor 2

Skor 1

Kedalaman Refleksi

Refleksi mendalam dan menyentuh

Refleksi cukup baik

Refleksi dangkal

Tidak melakukan refleksi

 

 

 

 

LAMPIRAN ASESMEN

A.    Penilaian Kognitif

§  KISI – KISI SOAL

 

 

 

 

 

 

 

 

 

§  SOAL

1. Ciri khas virus yang membedakannya dari makhluk hidup lainnya adalah...

A. Dapat melakukan metabolisme sendiri

B. Memiliki inti sel

C. Memiliki membran sel

D. Hanya dapat berkembang biak di dalam sel hidup

E. Dapat tumbuh di media agar

 

Jawaban: D

 

2. Tahap replikasi virus yang ditandai dengan penggabungan materi genetik virus ke dalam DNA inang disebut...

A. Adsorpsi

B. Penetrasi

C. Sintesis

D. Perakitan

E. Integrasi

 

Jawaban: E

 

3. Pernyataan berikut yang membedakan virus dari makhluk hidup adalah...

A. Virus memiliki ribosom

B. Virus memiliki dinding sel

C. Virus dapat hidup bebas di alam

D. Virus tidak memiliki organel sel

E. Virus dapat menghasilkan energi sendiri

 

Jawaban: D

 

4. Virus yang menginfeksi bakteri disebut...

A. Retrovirus

B. Viroid

C. Prion

D. Bakteriofag

E. Adenovirus

 

Jawaban: D

 

5. Penyakit berikut ini disebabkan oleh infeksi virus, kecuali...

A. Hepatitis B

B. Influenza

C. Polio

D. TBC

E. Campak

 

Jawaban: D

 

6. Contoh virus yang menyerang hewan adalah...

A. HIV

B. Rabies

C. TMV

D. Influenza

E. Adenovirus

 

Jawaban: B

 

7. Virus yang menyebabkan penyakit bercak pada daun tembakau adalah...

A. HIV

B. Hepatitis

C. TMV (Tobacco Mosaic Virus)

D. Ebola

E. Adenovirus

 

Jawaban: C

 

8. Penularan virus COVID-19 dari satu individu ke individu lain terjadi melalui...

A. Transfusi darah

B. Vektor nyamuk

C. Droplet pernapasan

D. Gigitan hewan

E. Kontak langsung dengan tanah

 

Jawaban: C

 

9. Upaya paling efektif untuk mencegah infeksi virus adalah...

A. Mengonsumsi antibiotik

B. Melakukan vaksinasi

C. Menghindari sayuran mentah

D. Mencuci tangan dengan alkohol saja

E. Minum suplemen setiap hari

 

Jawaban: B

 

10. Salah satu peran virus dalam bidang bioteknologi adalah...

A. Menyebabkan mutasi genetik

B. Membantu replikasi bakteri

C. Digunakan sebagai vektor dalam rekayasa genetika

D. Menghambat pertumbuhan tanaman

E. Menyebabkan kanker pada hewan

 

Jawaban: C

 

§  RUBRIK PENILAIAN

Jumlah soal yang benar X 10

Misal : jumlah soal benar 10 X 10 = 100.

 

Skor

Kriteria

10–9

Menjawab 9–10 soal dengan benar. Pemahaman sangat baik terhadap konsep virus dan penyakit akibat virus.

8–7

Menjawab 7–8 soal dengan benar. Pemahaman baik dan mampu menerapkan konsep dalam konteks umum.

6–5

Menjawab 5–6 soal dengan benar. Pemahaman cukup, namun masih perlu penguatan materi.

4–3

Menjawab 3–4 soal dengan benar. Pemahaman kurang dan perlu pendalaman materi.

≤2

Menjawab 0–2 soal dengan benar. Pemahaman sangat kurang, perlu pembelajaran ulang menyeluruh.

 

 

 

 

B.     Lembar Pengamatan Ketercapaian Dimensi Profil Pancasila

Rubrik Kriteria Ketercapaian Dimensi Profil Pelajar Pancasila

Mata Pelajaran: Biologi
Materi: Virus
Kelas/Semester: X / Ganjil

Dimensi Profil

Indikator

Sangat Baik (4)

Baik (3)

Cukup (2)

Perlu Bimbingan (1)

Bobot (%)

Keimanan & Ketakwaan terhadap Tuhan YME

Menyadari keberadaan virus sebagai ciptaan Tuhan

Menunjukkan refleksi ilmiah dan rasa kagum terhadap ciptaan Tuhan

Mengaitkan virus dengan ciptaan Tuhan secara umum

Menyebutkan virus ciptaan Tuhan tanpa penjelasan mendalam

Belum menunjukkan kesadaran

10%

Penalaran Kritis

Menganalisis struktur, peran, dan dampak virus

Analisis lengkap struktur, siklus, manfaat, dampak, solusi

Analisis cukup jelas dengan pencegahan

Menyebutkan secara sederhana

Tidak mampu menjelaskan

25%

Kreativitas

Merancang media informasi tentang penyakit akibat virus

Media inovatif, menarik, akurat, mudah dipahami

Media cukup menarik & sesuai

Media sederhana tapi kurang lengkap

Tidak relevan/tidak ada

20%

Kolaborasi

Kerja sama dalam kelompok

Aktif berkontribusi, menghargai, mendukung hasil optimal

Bekerja sama dengan baik

Terlibat terbatas

Pasif/tidak mendukung

15%

Kemandirian

Mencari informasi mandiri dan menjaga kesehatan

Mencari sumber valid, olah mandiri, terapkan pola sehat

Cari info terbatas & menjaga kesehatan

Hanya gunakan info guru

Tidak berusaha mencari info

15%

Komunikasi

Menyampaikan informasi/argumen ilmiah

Jelas, sistematis, berbasis data, menjawab pertanyaan

Cukup jelas dengan data relevan

Sederhana, kurang terstruktur

Tidak mampu menyampaikan

15%


 

Lembar Penilaian Peserta Didik

Mata Pelajaran: Biologi
Materi: Virus
Kelas/Semester: X / Ganjil
Nama Peserta Didik: _____________________
Kelompok: _____________________

No

Dimensi Profil

Bobot (%)

Skor (1–4)

Nilai (Skor × Bobot)

Catatan Guru

1

Keimanan & Ketakwaan

10%

___

___

__________________

2

Penalaran Kritis

25%

___

___

__________________

3

Kreativitas

20%

___

___

__________________

4

Kolaborasi

15%

___

___

__________________

5

Kemandirian

15%

___

___

__________________

6

Komunikasi

15%

___

___

__________________

 

Total

100%

 

___

 


Keterangan Skor:
- 4 = Sangat Baik
- 3 = Baik
- 2 = Cukup
- 1 = Perlu Bimbingan

 

LAMPIRAN PENGAYAAN DAN REMEDIAL

  1. Rencana Pengayaan

1.      Peserta didik mencari informasi melalui artikel media online atau offline terkait dengan virus yang menyerang tumbuhan, hewan, dan manusia. Serta cara pencegahannya.

2.      Peserta didik menuliskan informasi penting yang didapatkan dari hasil analisis artikel tersebut

  1. Rencana Remedial

1.      Peserta didik meresum materi yang telah dipelajari.

LAMPIRAN BAHAN BACAAN

Materi Virus – Biologi Kelas X SMA

1. Pengertian Virus

Virus adalah partikel aseluler (bukan sel) yang hanya dapat berkembang biak di dalam sel hidup. Virus dianggap berada di perbatasan antara makhluk hidup dan benda mati karena di luar sel inang mereka tidak menunjukkan ciri-ciri kehidupan, tetapi ketika berada di dalam sel inang virus dapat memperbanyak diri.

2. Struktur Virus

  • Asam nukleat → materi genetik berupa DNA atau RNA (tidak keduanya sekaligus).
  • Kapsid → selubung protein pelindung asam nukleat.
  • Selubung tambahan (envelope) → ada pada virus tertentu, berasal dari membran sel inang, dilengkapi glikoprotein.
  • Ukuran → sangat kecil (20–300 nm), hanya dapat diamati dengan mikroskop elektron.

3. Sifat-Sifat Virus

  1. Berukuran mikroskopis dan dapat dikristalkan.
  2. Hanya memiliki satu macam asam nukleat (DNA atau RNA).
  3. Tidak memiliki organel sel (tidak bisa melakukan metabolisme sendiri).
  4. Bersifat parasit obligat (wajib hidup dalam sel inang).
  5. Dapat bermutasi dengan cepat sehingga sulit dikendalikan.

4. Replikasi Virus

Virus memperbanyak diri melalui siklus infektif di dalam sel inang. Ada dua macam siklus:

  • Siklus litik
    1. Adsorpsi → virus menempel pada sel inang.
    2. Penetrasi → materi genetik virus masuk ke dalam sel inang.
    3. Sintesis → virus menggunakan mesin sel inang untuk membuat komponen baru.
    4. Perakitan → bagian-bagian virus disusun menjadi virus baru.
    5. Lisis → sel inang pecah, virus baru keluar.
  • Siklus lisogenik
    • Materi genetik virus berintegrasi ke dalam DNA inang (disebut profag).
    • Virus dapat “tidur” sementara waktu, lalu aktif kembali dan masuk ke siklus litik.

5. Peran Virus dalam Kehidupan

  • Merugikan:
    • Menyebabkan penyakit pada manusia (influenza, cacar, AIDS, COVID-19).
    • Menyerang hewan ternak (rabies, flu burung).
    • Menyerang tanaman (TMV pada tembakau).
  • Menguntungkan:
    • Vaksin (misalnya vaksin polio, campak).
    • Terapi gen menggunakan vektor virus.
    • Virus bakteriofag digunakan sebagai alternatif antibiotik.

6. Contoh Virus Penting

  • HIV (Human Immunodeficiency Virus) → penyebab AIDS.
  • Influenza virus → penyebab flu musiman.
  • SARS-CoV-2 → penyebab COVID-19.
  • TMV (Tobacco Mosaic Virus) → menyerang tanaman tembakau.
  • Bakteriofag → menyerang bakteri E. coli.

Ringkasan:
Virus merupakan parasit obligat dengan ukuran mikroskopis, terdiri dari kapsid dan asam nukleat. Virus berkembang biak dengan siklus litik dan lisogenik, dapat merugikan karena menyebabkan penyakit, tetapi juga bermanfaat dalam bidang kesehatan dan bioteknologi.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Modul Ajar Biologi Kelas X Materi Inovasi Teknologi Biologi (Pertemuan 1 dan 2)